jump to navigation

Menjadi Seorang Super-Dad dengan Internet Sehat 23 November 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
Tags:
trackback

Pada jaman dahulu kala…, saat awal-awal kuliah dan saat pertama kali saya berkenalan dengan mahkluk yang bernama internet, yang tertanam di benak saya kala itu cuman satu kata : mahal. Yaahh….untuk ukuran anak seorang guru yang sedang prihatin menuntut ilmu, ber-internet menjadi aktifitas yang mahal. Lebih baik buat makan atau buat beli baju daripada duit habis buat internet’an. Mungkin seperti itulah pikiran saya tentang internet pada waktu itu. Boro-boro buat beli modem, lah wong mau mengunjungi warnet aja masih berpikir seratus kali.

Beda dulu, beda sekarang. Saat ini ber-internet ria buat saya pribadi adalah aktifitas yang nggak mahal-mahal amat kok, meski jujur butuh keluar duit juga. Harga modem plus kartunya sudah lumayan terjangkau, pun demikian dengan biaya bulanannya. Ongkos warnet sekarang sudah bisa saya kategorikan hemat dan bersahabat. Harus saya akui juga seh, stigma “udah nggak mahal lagi” tadi amat mungkin didukung oleh status saya yang udah berubah menjadi seorang bujangan dengan penghasilan tetap.

Nah…kalau sudah begini, ber-internet’an menjelma menjadi sebuah rutinitas yang mengasyikkan buat saya. Setelah connect dengan internet, yang pertama kali saya lakukan adalah cek email. Kemudian lanjut ke facebook. Lanjut klik you tube buat melihat highlight dan gol-gol dari beberapa pertandingan bola yang nggak sempat saya saksikan di layar tv. Bahkan jujur…se-jujur-jujurnya neh….,tak jarang internet saya gunakan untuk memenuhi dahaga penasaran saya soal sex. Sedangkan mencari berita di detik.com ataupun detiksport.com ada di penghujung acara.

Semua aktifitas internet yang berbau iseng-iseng, cari kesenangan sesaat ataupun buat ngisi waktu seperti di atas, lambat laun bisa saya kikis sedikit demi sedikit. Sebagai seorang ayah yang mencoba menjadi yang terhebat buat anak semata wayangnya, waktu sudah nggak bisa dibuat main-main lagi. Dengan kehadiran istri dan anak, secara naluri-ah internet saya alihkan untuk hal-hal yang bisa membawa manfaat buat keluarga kecil saya. Manfaaat apa saja-kah itu ? Mari kita colek satu per satu :

1. Internet untuk menggali informasi, inspirasi dan imajinasi.

Urusan saya sekarang tidak melulu urusan kantor. Sebagai ayah saya sudah punya tanggung  jawab dengan urusan rumah tangga. Internet ini-lah yang sekarang banyak membantu  urusan rumah tangga saya. Dengan sedikit klik, saya bisa mendapatkan segala macam  infromasi yang saya butuhkan. Mulai dari cara mendidik anak yang baik dan benar, info  dimana bisa mendapatkan alat-alat pendukung rumah tangga yang murah tapi berkualitas,  tips dan trik memilih mainan anak, dan lain sebagainya. Baru-baru ini saya mendapatkan  artikel dari blog seorang sahabat tentang cara mendidik anak ala Nabi Ibrahim A.S. Sungguh  artikel itu sangat menginspirasi buat saya. Dari inspirasi tadi saya pun mempunyai imajinasi akan satu arti keluarga yang sakinah dan selalu mendapat berkah dari Allah SWT. Imajinasi tadi pun akan senantiasa saya olah menjadi tujuan dan misi hidup saya ke depan nantinya.

2. Internet untuk menumbuhkan motivasi.

Di internet banyak saya jumpai kisah-kisah inspirasi seputar masalah keluarga, kata-kata mutiara yang sangat membangun, bahkan posting’an sahabat-sahabat blog saya juga sanggup memotivasi kehidupan saya dan keluarga. Nah…sekarang ini saya sedang getol-getolnya memotivasi diri untuk mencari uang dari internet. Banyak artikel yang memuat kisah orang-orang sukses dan meraup gelontoran rupiah maupun dolar dari aktifitas internet’an mereka. Siapa seh yang nggak pengen dapat duit banyak ??

 

 

3. Internet untuk ajang ber-silaturahmi

Yang namanya ketemu sahabat-sahabat lama selalu menyenangkan. Saya bisa saling melepas kangen, bernostalgia dengan segala cerita-cerita seru dan saling mengenalkan anggota keluarganya masing-masing. Buat saya banyak teman itu banyak rejeki. Dengan internet saya bisa berkenalan dengan selusin sahabat-sahabat baru tiap harinya. Makin banyak kenalan, makin luas juga networking saya. Networking ini ibarat bekal buat perjalanan hidup saya. Siapa tahu suatu saat saya amat sangat membutuhkan bantuan dari para sahabat saya di internet itu.

4. Internet untuk mencari tambahan rejeki.

Betapa bodohnya saya, yang baru mengerti dan paham kalo internet bisa dijadikan ajang pencari tambahan rejeki yang cukup menjanjikan. Tak sedikit teman-teman saya yang sudah punya toko on-line bisa dapat penghasilan yang lumayan. Ada pula yang secara jeli memanfaatkan internet sebagai lahan berpromosi yang lebih efektif. Kalo kita punya sesuatu yang akan kita jual, terus banyak orang yang tahu, terus banyak yang tertarik karena produk kita lain dari yang lain, terus banyak yang penasaran, terus banyak yang langsung order, terus….terus….terus….silahkan lanjutkan sendiri ending-nya dwehh. Dapat tambahan rejeki lewat internet bisa juga dengan rajin mengikuti berbagai kompetisi blog,  salah satunya seperti yang tengah saya ikuti ini. Siapa tahu ada notebook atau blackberry yang nyantol ke rumah saya, siapa tahu…namanya juga rejeki.

Semakin hari, aktifitas internet’an saya pun semakin saya fokuskan untuk mencapai cita-cita tertinggi saya : menjadi seorang Super-Dad. Tentu aktifitas internet yang saya maksud adalah internet yang sehat sekaligus bermanfaat. Harapan saya cuman satu, lewat internet yang sehat semoga saya bisa menjadi seorang ayah yang hebat…super hebat kalau bisa malah. Yaaahh…kalo ukuran hebat itu diidentik’kan dengan berapa banyak uang yang sanggup saya raih, terus terang aja….saya nyerah. Jangan disamakan dengan orang-orang hebat di dunia internet semacam Mark Zuckerberg sang founder facebook.com, Andrew Darwis salah seorang pendiri kaskus, atau juga Raditya Dika yang ngetop dengan blog diary’nya.

Kalo orang-orang yang saya sebutkan tadi jelas sudah layak menyandang predikat orang hebat. Hebat dari segi fulus maupun dari ketenaran. Lah kalau saya…., saya cuman karyawan biasa yang masih mencoba menjadi yang terbaik. Kriteria hebat buat saya pribadi, biarlah hanya saya seorang yang tahu. Setidaknya saya dianggap sebagai suami hebat di mata istri dan sebagai sesosok ayah yang hebat di mata anak saya, itu lebih dari cukup.

Kesimpulannya, demi istri dan si buah hati, internet sehat pun harus terus saya lakoni.

Comments»

1. Agung Budidoyo - 23 November 2010

Ayah yang hebat harus gitu, Internet Sehat bisa mempersiapkan generasi mendatang menjadi pemain global..

Monkey.D.Buddy - 23 November 2010

Benar sekali bung tugas orang tua, sangat penting dalam mendampingi calon pemimpin dunianya.. dalam memanfaatkan internet

arcello - 23 November 2010

setuju…
mencetak generasi bertaraf global dimulai dr keluarga kecil kita….
terima kasih buat kunjungannya

2. vizon - 23 November 2010

Alhamdulillah, keempat hal itu sudah saya rasakan, Ayah Cello… Berawal dari kebutuhan yang berkaitan dengan profesi sebagai tenaga pengajar, kegiatan berinternet saya berkembang terus sampai akhirnya saya pun punya toko online khusus mainan anak-anak.

Seperti kata Nabi, silaturrahmi akan memperpanjang umur dan memperluas rezeki, terbukti pada diri saya melalui silaturrahmi yang senantiasa terjalin lewat jagat perbloggan…🙂

arcello - 23 November 2010

waaah senangnya yg dah punya toko on-line…
kapan2 bisa dong kita bekerjasama….hihihi…

3. FlashFisika - 23 November 2010

aku harus belajar nih jadi super dad…^_^

arcello - 23 November 2010

yok kita belajar sama-sama….

4. dyth - 23 November 2010

Betul, pak. Internet kalau digunakan untuk kegiatan-kegiatan positif, akan banyak manfaatnya. Dan itulah hebatnya internet.
Salam kenal juga. Semoga perkenalan kita banyak memberi manfaat.

arcello - 24 November 2010

salam kenal balik
terima kasih buat kunjungannya

5. jakvolution - 23 November 2010

setuju,.
mari kita galakan internet sehat untuk maju bangsa ini

arcello - 24 November 2010

mareeee….
thanks buat kunjungannya ya…

6. H R - 23 November 2010

WUIIH…MANTABZ….
unik tapi menggigit….
hehee,semangat terus brad….

arcello - 24 November 2010

terima kasih…
terima kasih…

7. 4rien - 23 November 2010

Ulasannya bagus sekali. Saya suka. Semoga sukses.

arcello - 24 November 2010

terima kasih
semoga sukses juga yaaa…

8. Keping Hidup - 23 November 2010

iya internet harus digunakan secara positif.. salam untuk super dad😀

arcello - 24 November 2010

salam balik juga…

9. Rizki Aji - 24 November 2010

internet untuk membimbing seseorang masuk ke dalam surga ataukah terjerumus kedalam heraka.. layaknya sebuah supermarket, mesti cermat dan jeli dalam memilih apa yang bermanfaat dan yang tidak. apa yang menyebabkan pemborosan dan apa yang mendatangkan keuntungan..

arcello - 24 November 2010

betul pak…
terima kasih sekali buat kunjungannya

10. bintangair - 24 November 2010

kalo dulu ketika saya mengenal internet taunya cuma YM-an, dulu masih pake mirc. sekarang inet udah dibuat macem-macem. terutama ngeblog. nulis, berbagi info, yah walo ada yang bilang.

ih ga penting banget postingan lo
*sempet empet saya*
tapi setelah difikir ini adalah suntikan semangat buat saya untuk lebih sering menulis, berbagai hal yang saya ketahui sedikit infonya. lalu memcari sumber akuratnya. biar enak membahasnya.
internet sehat, setuju banget……..

arcello - 25 November 2010

tetap semangat yaa….
terima kasih buat kunjungannya

11. yahya n - 24 November 2010

hehe.. artikelnya bagus mas….,
di tunggu blogwalkingnya ke http://apadefinisinya.blogspot.com/2010/09/pribadi-sehat-berinternet-sehat.html

arcello - 25 November 2010

terima kasih
saya pasti akan datang berkunjung…

12. cormel - 24 November 2010

internet itu sangat hebat bila digunakan dgn sehat, tapi sangat jahat jika disalahgunakan…
kunjungan balik bro…

arcello - 25 November 2010

terima kasih buat kunjungan baliknya…

13. adhy - 24 November 2010
arcello - 25 November 2010

terima kasih banyak…

14. Ridwan - 25 November 2010

semoga cita2 menjadi super dad terwujud ya… nice post😀

arcello - 25 November 2010

amin…
terima kasih ya…

15. LFH - 25 November 2010

Nice conclusion

arcello - 29 November 2010

thank u…

16. fienso - 26 November 2010
arcello - 29 November 2010

terima kasih juga bos..

17. Hatta Sy - 26 November 2010

tertulis di postingan .. ” tak jarang internet saya gunakan untuk memenuhi dahaga penasaran saya soal sex ” , maksudnya bagaimana nih pak ?

pikiran positif saya menduga : berarti bukan sekedar jadi super-dad saja, tapi jadi super-housband !

sukses buat kompetisinya.mari saling mendukung sebagai bukti semangat kita berinternet sehat

arcello - 29 November 2010

yaa…maksudnya gitu deh…
hihihi…malu saya buat ngomongnya…
anyway terima kasih banyak ya…

18. Blognya anak padmanaba - 27 November 2010

halo salam kenal,

waw ternyata ikutan kontes juga. Semoga berhasil dan sukses ya. Salam CNN_Network http://cahyanugraha.wordpress.com/2010/11/26/intenet-si-sumber-harta-melimpah/

arcello - 29 November 2010

iya…
semoga sukses juga yaa…

19. Alex FMIK Siregar - 27 November 2010

Wah bagus tuh😀. Mulailah mendidik anak cara menggunakan inernet yang baik dan benar pasti banyak manfaat positifnya🙂

Salam blogger

arcello - 29 November 2010

salam blogger juga…
terima kasih buat kunjungannya

20. husin - 29 November 2010

internet sehat menyehatkan jasmani dan rohani….

arcello - 29 November 2010

betul banget itu…
setuju banget saya…

21. ternyata « komuter jakarta raya - 29 November 2010

[…] ini, tanpa disengaja saya melihat dan membaca serta baru mengetahui bahwa ada kegiatan b2w di kota Bogor. selama ini saya masuk dalam komunitas b2w yang ada di selatan Jakarta. setelah lihat-lihat […]

22. gak kuliah gak kiamat - 30 November 2010

seep… artikelnya

BTW kerja di speedy tah? kok linknya ke speedy semua hehehhe😀

arcello - 2 December 2010

terima kasih pak
btw link ke speedy itu syarat kompetisi blog yg saya ikuti

23. Ahsan - 30 November 2010

Artikel yang menarik.

Lebih-lbeih ketika saya membaca analogi mas Rizki Aji di kolom komentar di atas.

“Internet itu layaknya sebuah supermarket, mesti cermat dan jeli dalam memilih apa yang bermanfaat dan yang tidak. apa yang menyebabkan pemborosan dan apa yang mendatangkan keuntungan..”

Tetap semangat!
Mari kita hidupkan internet sehat!

arcello - 2 December 2010

terima kasih pak….
semoga semangat ber-internet sehat tetap menyala di dada kita selalu

24. vany - 1 December 2010

wah, benar2 super dad….
melek internet dan menggunakannya scr sehat…
pasti nanti anaknya bakal bangga deh sama ayahnya….hehehe

*slm knl juga dan mksih sdh mampir di blogkuw ya*

arcello - 2 December 2010

hehehe…terima kasih ya…
salam kenal selalu

25. choirul - 2 December 2010

saya menggunakan internet malah dengan gratisan dari kampus….. xixixi

arcello - 3 December 2010

xixixixi….
gratis pangkal sehat…

26. bundadontworry - 2 December 2010

memang banyak sekali sisi positif dr internet jika kita bijak mengguanakannya ya Ayah Cello.
bagi bunda yg sudah pensiunan gini, dgn internet,bisa menambah wawasan dan ilmu, walau pensiun khan gak berarti berdiam diri saja, malah lebih banyak waktu utk browsing dan ngeblog.
salam

arcello - 3 December 2010

wahh…terima kasih neh bunda sudi
berkunjung ke sini…

27. cucu hermawan - 3 December 2010
arcello - 3 December 2010

ayo…

28. annasahmad - 3 December 2010

mantap daddy…

nice writing :))

http://batukpilek.com
meet us on facebook
http://facebook.com/TipsSehatAlami

arcello - 3 December 2010

thank you daddy annas….

29. Tomita Prakoso - 8 December 2010

Kepikiran sama saya, .. apakah sebelum kita sehat berinternet itu harus sakit-sakitan dulu baru insyaf ? He, he … Trims. Sudah saya baca.

arcello - 8 December 2010

hehe…memang terkadang insyaf datangnya belakangan….
terima kasih sudah membaca

30. fahmiawaj - 8 December 2010

wooohh.

nice..

arcello - 8 December 2010

thank you

arcello - 8 December 2010

thank you……..

31. choesny - 8 December 2010

Nice posting, ter arah dan terformat dengan pendekatan yg sederhana. I Like its.

arcello - 8 December 2010

terima kasih banyak……..

32. redronal - 8 December 2010

keren mas isi postingnya…mampir juga ya k blog aku http://inspiratifku.blogdetik.com/2010/12/02/internet-sehat-pilihan-cerdas/

arcello - 9 December 2010

terima kasih

33. kangrahmat - 8 December 2010
34. tsefull - 9 December 2010

wah…super dad yang hebat”ngomong gaya iklan”
pasti anaknya akan mencontoh bapaknya dalam berinternet😀

35. JUN - 9 December 2010

ah iya, banyak sekali manfaat internet sebenernya🙂

arcello - 9 December 2010

betul…betul…betul…

36. phyqhie - 9 December 2010

nice post, and nice dream to be a super dad! hee hee. Ntar kalo Cello’nya udah gede, perlu pngwasan dalam menggunakn internet, biar dia bisa jadi onliners hebat kayak ayahnya!😉
Salam ama cello yaa.. ;D

arcello - 11 December 2010

terima kasih
semoga anak2 kita sudah punya budaya yg kuat buat ber-internet sehat
salam juga buat keluarga…

37. Indra - 9 December 2010

wah,,bagus mas article nya, ^^
salam kenal juga yaa..
internet emg banyak manfaat nya,,

arcello - 11 December 2010

terima kasih sekali
salam kenal balik yaa…

38. endra - 11 December 2010

Super dad…. ayah yang hebat dengan menggunakan internet yang sehat hehehhe……
nice kawan….. semoga kelak jika udah besar anak – anak mampu menggunakan internet secara sehat….

arcello - 14 December 2010

terima kasih….
sbg super-dad, kita wajib memberi teladan yg sehat bagi anak2 kita

39. cakdayat - 11 December 2010

internet sebagai senjata utama saya untuk bekerja

http://cakdayat.multiply.com/journal/item/31

arcello - 14 December 2010

memang internet yg sehat selalu bisa mendukung aktifitas kita…
thanks bro

40. bangauputih - 11 December 2010

internet sehat, bikin hebat………
^_^

arcello - 14 December 2010

yoi….
internet sehat bikin hati dan pikiran jadi sehat juga

41. Team Mradio - 11 December 2010

thanks for info, may be useful

arcello - 14 December 2010

terima kasih kembali…

42. ARaLL - 11 December 2010

Internet sehat bikin hebat,,PASTI🙂

arcello - 14 December 2010

setuju sekali…

43. Zita Storie - 14 December 2010

Most of the times i visit a blog I see that the construction is poor and the writting bad. Regarding your blog,I could honestly say that you writting is decent and your website solid.

arcello - 14 December 2010

thank you…

44. antique oak furniture - 10 January 2011

Ive recently started a blog, the information you provide on this site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.

45. balicheapcar.com - 25 October 2011

kak ikutan tukeran link y, tolong pasang link aku, ak ud pasang link kakak d site aku, kakak bsa cek di httpdianrini.co.cc. mohon link yang dipasang: http://dianrini.co.cc dan http://balicheapcar.com
termakasih🙂
salam kenal

46. Bagindasuongkupon Siregar - 12 December 2011

Aku juga sudah banyak belajar tentang menghadapi kenakalan anakn, namun dari cerita ini saya mendapat respon lebih kepedulian terhadap anak saya khususnya, maka saya berkomentar disini Terimakasih.

47. ghea - 21 December 2011

nice post gan,,oya kalo boleh saya mau tukeran link,ini link saya
http://blog.umy.ac.id/ghea
kalo sudah terpasang kabarin yah gan..trima kasih banyak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: