jump to navigation

ASI EKSLUSIF STRUGGLING CHAPTER ( PERJUANGAN YANG MENGASYIKKAN ) 22 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
trackback

Ini ada satu cerita yang lagi-lagi saya curi dari diary istri saya. Karena istri saya sangat mengagungkan perlindungan hak cipta terhadap karyanya itu, maka dia pun meminta suatu royalti jika kisahnya ini mau saya publish di blog saya nantinya.

” Aku minta belanja tas di SenCi Pa…, kalo ngga, Papa ngga boleh publish diary saya…!! “. Cukup profesional juga…., batin saya sambil merengut.

Perjuangan untuk proses ASI Ekslusif kalau boleh saya berkata jujur adalah perjuangan yang berat. Ada banyak faktor yang membuat saya bisa berkata berat :
1. Pengalaman Pertama.
Memberikan ASI ke Arcello adalah pengalaman pertama kalinya buat saya sepanjang hidup. Saya harus banyak belajar tentang segala hal yang menyangkut ASI khususnya bagaimana teknik memberikan ASI yang baik dan benar.

TIPS : Selama hamil saya selalu mencari informasi tentang seluk beluk ASI ( dari majalah, internet, share cerita teman yang udah berhasil ASI Ekslusif….termasuk juga dari sesi kelas senam hamil yang pernah saya ikuti). Jangan lupa untuk selalu menciptakan situasi yang senyaman mungkin pada saat menyusui, misalnya sambil mendengarkan musik yang lembut, sambil nonton DVD favorit atau sambil duduk di kursi santai yang menghadap ke taman. Singkirkan segala persoalan hidup sejenak takkala menyusui bayi kita. Pura-pura saja seolah-olah hidup kita selalu happy….demi bayi kita.

2. Tidak PeDe.
Ada perasaan takut kalau ASI saya keluarnya cuma sedikit dan tidak cukup mengenyangkan untuk Cello.

TIPS : Jangan pernah minder, takut dan kawatir kalau ASI kita sedikit…PeDe aja. Mungkin untuk pertama kali ASI kita agak sedikit, tapi seiring berjalannya waktu, percayalah….kalau ASI yang kita hasilkan pasti sesuai dengan kebutuhan sang bayi. Selalu ingat satu hal…payudara kita diciptakan oleh Allah dan Allah sudah mengatur mekanisme payudara dalam menghasilkan ASI untuk bayi kita. Jadi…..apakah kita masih meragukan mekanisme buatan Allah tersebut ??

3. Payudara Luka.
Payudara luka ( Crack Nipple ) saya alami ketika usia Cello baru menginjak 3 minggu. Kedua payudara saya lecet bahkan sampai berdarah dan rasanya perih sekali ketika Cello mulai mimik. Bahkan suami saya sampai merasa kasihan sekali, karena setiap kali Cello mimik saya selalu menangis. Dan klimaksnya, suami saya membelikan susu formula untuk Cello ( ini salah satu akibat dari tingkat stress yang dialami suami saya sebagai the new breast feeding father ). Sedih sekali rasanya waktu itu. Cello baru berumur 3 minggu kok sudah kena sufor (susu formula). Tapi dengan tekad bulat saya paksakan juga untuk tetap memberikan ASI dan alhamdullilah…..seminggu kemudian lecet di payudara saya sembuh.

TIPS : Lecet di payudara bisa disebabkan karena posisi dan teknik menyusui yang salah. Dan apabila sudah kadung lecet, lumuri bagian yang lecet dengan cairan ASI dan kompres dengan air hangat, Insya Allah lecet tersebut bakal cepat sembuh.

Comments»

1. an9el - 22 May 2010

tips yg cukup bermanfaat jika aku menyusui kelak
thx udh share disini

salama🙂

arcello - 27 May 2010

sama-sama bu…
tengkyu juga udah datang berkunjung

2. Erdien | Sundagasik.com - 22 May 2010

Hahaha… keren juga tuh istrinya, berani bisnis sama suami yang mo mencuri ahahaha….

Tips yang bagus Mas🙂
Makasih sharenya

arcello - 22 May 2010

terima kasih kembali buat kunjungannya Pak
istri saya emang doyan bisnis sama suaminya sendiri
hehehe….

3. arcello - 22 May 2010

sama-sama…
tengkyu juga udah berkunjung

4. the others... - 22 May 2010

Wah, ceritanya aku ikutan ngintip diari nih ya…? hehehe
Thanks for sharing..😀

arcello - 23 May 2010

sama-sama…
terima kasih kembali…

5. catatan kecilku - 22 May 2010

Makasih sharingnya… pasti bermanfaat tuh utk yg sedang dan akan menyusui. 😀

arcello - 23 May 2010

terima kasih

6. Mamah Aline - 22 May 2010

tips yang bermanfaat, saya pernah mengalaminya…. seperti itu kira-kira yang dialami

arcello - 23 May 2010

terima kasih kembali…
smoga kita bisa saling sharing ya Bu…

7. muhasabahcinta - 23 May 2010

wah artikel yang menarik sebuah tips untuk menyusui anak… hmm… inyaallah kalau sudah menikah pasti akan memberikan ASI selain kualitas nya bagus trus hemat lagi😉

arcello - 23 May 2010

iya Mba….
pokok’e ASI is the best-lah…
dah banyak bukti-nya loh…

8. febty - 23 May 2010

tips yang berguna nih..salam untuk istrinya, pak.

arcello - 23 May 2010

terima kasih yaa…
salam juga buat keluarga tercinta

9. yanrmhd - 23 May 2010

begitulah keberuntungan seorang ibu,
kasih mimik buat anak tersayang🙂

tetep dijaga tuh kualitas ASI nya biar gizi yang
diberikan lebih maksimal dan sehat…

sehat selalu, salam🙂

arcello - 27 May 2010

terima kasih
sehat selalu juga…n salam buat keluarga tercinta
tengkyu…

10. buwel - 23 May 2010

wah makasih neh tipsnya meski saya lelaki bisa berguna kalo punya na da istri nanti, biar jadi ayah yang hebat…

arcello - 24 May 2010

yuuppp…
setuju banget…
semoga bisa jadi ayah yg hebat

11. bepi - 23 May 2010

Makasih neh,

arcello - 27 May 2010

sama-sama ya…

12. mdifikasimotor - 23 May 2010

dah banyak sekarang wanita yang mau meyusui anaknya, teroujilah bagi yang mau masih menyusui anaknya,,, sip dah

arcello - 24 May 2010

terima kasih banyak….

13. julianusginting - 24 May 2010

mencuri tidak baik kawan..wlpun dari istri sekalipun…😦

arcello - 24 May 2010

bukan mencuri…..
tapi mengintip….
hehehehe

14. attayaya - 24 May 2010

wahhh ini tips sangat bagus
aku bookmark supaya bisa berkunjuung lagi

arcello - 24 May 2010

terima kasih
sudah sudi berkunjung….

15. Yesi Moci - 24 May 2010

Share yang bagus.

Oiya, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, membaca dan mengomentari tulisan saya Proses untuk Menjadi Seorang Penulis yang Hebat. Bhy the way, saya punya cerpen baru nih, masih anget. Baru diposting kemarin. I Like Valentine but I hate Valentine. Bila berkenan, mohon koreksinya. Memang, Valentine Day/Hari Kasih-sayangnya sudah lewat, tapi nanti pasti dijelang kembali bukan? Untuk itu, biar kita nggak salah kaprah mengenai kasih-sayang, baca dulu yuk cerpen tersebut.

arcello - 24 May 2010

pasti saya akan datang berkunjung lagi
kebetulan saya suka yang berbau love…love-an…

16. mascayo - 24 May 2010

istri saya sekarang sedang berjuang agar bisa memberi asi minimal 6 bulan pertama. Berhubung istri kerja, maka disiapkanlah berbotol-botol asi miliknya di kulkas. tapi kadang keteteran jug. abis dek fiqar sudah mulai banyak mimiknya🙂
salam kenal

arcello - 24 May 2010

wwooowww….itulah yg saya maksud dengan
perjuangan yg mengasyikkan
demi anak kita musti berkorban…
toh itu demi masa depan buah hati kita juga…
terima kasih banyak sdh mau sharing..

17. aprillins - 25 May 2010

wih serem juga ya ternyata menyusui bisa sampai lecet begitu……

btw.. udah dibeliin tas belum istrinya? hehehe:mrgreen:

link sudah terpasang dengan sempurna di Artikel dan Direktori Filsafat
Salam kenal

arcello - 27 May 2010

terima kasih…
tas-nya belum dibeli’in…kaya’nya istri saya dah lupa..
hihihi…

18. Adi - 26 May 2010

Haha, wah istrix mas pinter bisnis, nice posting, salam kenal mas. .

arcello - 27 May 2010

hehehe…
makanya saya pilih dia sbg istri saya…
hahaha…
thanks ya udah berkunjung

19. Keping Hidup - 26 May 2010

asi yang terbaik – apa itu nama kandungannya colustrum ya klo ngak salah😀

arcello - 27 May 2010

betul…
colostrum adalah cairan pertama yg keluar dr ASI
sangat…sangat..sangat…bagus sekali buat daya thn tubuh bayi kita kelak

20. uphiet - 27 May 2010

wah, ayah…
sangat informatif bagi calon ibu, seperti saya🙂
*apa calon istri ya?*

arcello - 27 May 2010

hehehe…
semoga nanti bisa jadi ibu yg hebat..alias
supermom…


Leave a Reply

