jump to navigation

TERIMA KASIH MALAYSIA 27 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
28 comments

Malaysia, negara tetangga yang konon katanya masih satu rumpun nenek moyang dengan kita, pernah membuat geram seisi tanah air. Bukan hanya sekali-dua kali, tapi boleh dikatakan telah beberapa kali membuat rakyat Indonesia tersadar bahwa harga diri bangsanya sedang diuji. Mulai dari polemik batas wilayah kesatuan NKRI, masalah TKI yang beritanya kadang membuat miris, sampai pengakuan beberapa warisan budaya negeri kita yang dengan entengnya mereka akui sebagai milik negara DiRaja Malaysia.

Salah satu warisan budaya yang dengan amat keterlaluan mereka klaim adalah batik. Kenapa saya sebut amat keterlaluan ? Bagi saya pribadi, dan semoga ini berlaku juga buat teman-teman sebangsa setanah air, batik itu seperti sudah menjadi kulit tubuh bangsa kita. Dari jaman dulu sampai jamannya para blogger seperti sekarang ini, batik tercipta dan berasal dari negeri kita tercinta Indonesia. Bahkan kata batik berasal dari bahasa Jawa, yang terdiri dari dua kata amba yang berarti menulis dan kata titik. (more…)

Advertisements

Ayoo…Dukung ASI, For Our Baby….!! 27 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
16 comments

Ikut mendukung kampanye pemberian ASI khususnya ASI EKSKLUSIF.

Berikut Poster-Poster dari UNICEF yang mungkin bisa membangkitkan semangat Ibunda-Ibunda tercinta dalam upaya pemberian ASI EKSKLUSIF.

(more…)

ASI EKSLUSIF STRUGGLING CHAPTER ( PERJUANGAN YANG MENGASYIKKAN ) 22 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
39 comments

Ini ada satu cerita yang lagi-lagi saya curi dari diary istri saya. Karena istri saya sangat mengagungkan perlindungan hak cipta terhadap karyanya itu, maka dia pun meminta suatu royalti jika kisahnya ini mau saya publish di blog saya nantinya.

” Aku minta belanja tas di SenCi Pa…, kalo ngga, Papa ngga boleh publish diary saya…!! “. Cukup profesional juga…., batin saya sambil merengut.

Perjuangan untuk proses ASI Ekslusif kalau boleh saya berkata jujur adalah perjuangan yang berat. Ada banyak faktor yang membuat saya bisa berkata berat :
1. Pengalaman Pertama.
Memberikan ASI ke Arcello adalah pengalaman pertama kalinya buat saya sepanjang hidup. Saya harus banyak belajar tentang segala hal yang menyangkut ASI khususnya bagaimana teknik memberikan ASI yang baik dan benar. (more…)

Fiksi Mini ( FikMin ) Lagee….??? 18 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
70 comments

Resepsi Sang Mantan

Kupaksakan datang ke resepsi mantan kekasihku tercinta. Ingin sekali kutonjok muka mempelai prianya, dia adalah adik kandungku sendiri.

Gara-gara kuis-nya wi3Nda neh…jadi ketagihan bikin Fiksi Mini lagi…hehehe…

salut buat duo wi3Nda

Fiksi Mini ( FikMin ) 18 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
50 comments

Waah…rumah baruku. Sofaku baru, meja makanku baru, dapurku baru. Loh…istriku kok juga baru. Waalaaahh…. ternyata aku salah masuk rumah.

ASI EKSLUSIF THE BEGINNING CHAPTER (INISIASI MENYUSUI DINI) 14 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
11 comments

Ini adalah sepenggal dua penggal cerita yang saya ambil dari Diary Istri saya tercinta ( tentu saja dengan seijin dia…kalau tidak….waaahh bisa perang dunia ketiga ntar…hehehe…) , ketika dia mengawali karir mulianya sebagai seorang BreastFeeding SuperMom.

1 September 2008 tepat pukul 23.45 malam, akhirnya anak pertama saya hadir ke dunia. Berat 2.9 kg dan panjang 48 cm dan terlahir dengan nama Zaidan Firas Arcello Nayaka. Begitu Arcello lahir, dokter langsung recommended untuk IMD ( Inisiasi Menyusui Dini ).
Satu hal langsung terbesit takkala melihat Arcello untuk pertama kalinya mimik ASI.
Bangga….., akhirnya anakku dapat juga yang namanya colostrum, yang notabene adalah cairan pertama yang harus and wajib buat seoarang bayi yang baru lahir seperti Arcello ini. Saya selalu mencamkan dalam hati kalau colostrum itu adalah hak mutlak bagi seorang bayi. Tentu saja dengan harapan bahwa colostrum bisa membuat Arcello tumbuh jadi anak yang sehat, cerdas dan terhindar dari berbagai macam (more…)

Si Lilin Kecil dan Si Kue Potong 10 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
4 comments

ini adalah puisi yang saya buat waktu belum jadi seorang suami dan seorang ayah….alias masih bujangan

puisi ini saya tulis waktu saya berulang-tahun yang ke…mmmm…yang ke…..

wadow…saya lupa…hehehe…

Pada suatu waktu.
Pada hari perayaan seorang umat manusia.
Lilin Kecil dan Kue Potong bercakap untuk kesekian kalinya.Si Lilin mulai bersuara.

(more…)

ASI atau ASIII ? 4 May 2010

Posted by arcello in Uncategorized.
8 comments

ASI ( Air Susu Ibu ) adalah zat multi-manfaat yang sangat…sangat berguna untuk tumbuh kembang seorang bayi.
Tapi, mengapa masih banyak bunda-bunda yang beranggapan kalau memberikan ASI ke bayi secara ekslusif itu dirasa merepotkan.

Pada awal pertama kali menyusui Arcello ( jagoan saya yang lincah, nggemes’in dan sedikit genit ), istri saya juga merasakan kerepotan itu. Apalagi Cello adalah anak pertama kami, bukan hanya kerepotan tapi kebingungan tingkat tinggi yang kami hadapi kala itu. Bahkan sudah sampai pada satu titik nadir kebingungan, Arcello yang masih berumur 3 minggu “terpaksa” dikasih sufor alias susu formula.

Hiks…hiks….sedih banget rasanya. Istri saya merasa bersalah sekali dan sangat menyesalkan ketidak-teguhan hatinya waktu itu.

Tapi sesal kemudian tak ada guna. Istri saya harus segera bangkit untuk memberikan ASI lagi buat Arcello kami. Walau nyata-nyata Arcello sudah pernah kena sufor, pelan-pelan saya bulatkan tekad istri tercinta untuk terus memberikan ASI sebanyak mungkin sampai Arcello berumur 2 tahun.

Nah….di sinilah peran saya sebagai sebagai breast feeding father coba saya praktekkan. Ada 2 hal yang saya bilang ke istri sebagai bagian dari agenda memberikan spirit dan motifasi. Saya bilang ASI itu bias diejah-wantahkan menjadi ASIII ( dengan triple I ).

Apalagi ASIII ??

Menurut versi saya sendiri, ASIII itu bisa mempunyai 2 arti sarat makna.

Yang pertama, ASIII adalah Air Susu Ibu Itu Invenstasi. Maksudnya adalah, kalau dalam keadaan capek, stress, dan nggak mood buat menyusui, ingatlah kalau memberikan ASI ke Arcello itu sebuah investasi yang sangat….sangat berharga. ASI itu gratis, modalnya cuman tekad kuat dan berani capek aja. Sedangkan keuntungan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat hasilnya. Kalo Arcello diberi ASI terus sampai 2 tahun Insya Allah dia akan terhindar dari macam-macam penyakit, jadi nggak perlu sering-sering ke dokter ataupun RS Anak. Ditambah bonus berupa “keintiman” Arcello dengan mamanya. Arcello akan merasakan ikatan batin dan emosional yang kuat dengan mamanya akibat proses menyusui itu. Nah…berhubung sifat istri saya yang nggak mau rugi dalam segala hal ( khusunya uang belanja….), saran saya ini rasanya bisa dia terima dengan agak berlega hati.

ASIII yang kedua ini lebih mendasar lagi sifatnya. ASIII dimaknakan sebagai Air Susu Ibu Itu Ibadah. Waaah…waaahh….makna kedua ini entah darimana ilhamnya. ASI adalah hak mutlak seorang bayi. Jadi memberikan ASI adalah memberikan sesuatu yang hak kepada orang lain ( dalam hal ini bayi kami ) tanpa rasa pamrih alias dengan penuh keiklhasan. Tentu saja….jika kami dengan suka cita, penuh cinta kasih, dan iklhas memberikan ASI maka Allah akan ridho kepada kami. Dengan kata lain ibadah kami itu pun akan memberikan pahala dan berkah ke keluarga kami , Insya Allah..ya Amin…., dan tentu saja kepada bayi kami tercinta Arcello Nayaka.